Tips Menjaga Kesehatan Stamina

Tips Menjaga Kesehatan Stamina

Ketika berbicara tentang olahraga, istilah “stamina” dan “daya tahan” pada dasarnya dapat dipertukarkan. Namun, ada beberapa perbedaan halus di antara mereka.

Tips Menjaga Kesehatan Stamina

Staminaadalah kemampuan mental dan fisik untuk mempertahankan suatu aktivitas dalam jangka waktu yang lama. Ketika orang berbicara tentang stamina, mereka sering menggunakannya untuk merujuk pada perasaan segar atau energik saat melakukan suatu aktivitas.

Daya tahan mengacu pada kemampuan fisik tubuh Anda untuk mempertahankan latihan untuk waktu yang lama. Ini terdiri dari dua komponen: daya tahan kardiovaskular dan daya tahan otot. Daya tahan kardiovaskular adalah kemampuan jantung dan paru-paru Anda untuk mengisi tubuh Anda dengan oksigen. Daya tahan otot adalah kemampuan otot Anda untuk bekerja terus menerus tanpa merasa lelah.

Dalam artikel ini, kita akan melihat bagaimana Anda dapat meningkatkan stamina dan daya tahan Anda dan menggali lebih dalam perbedaan antara istilah-istilah ini.

Daya tahan vs stamina

Berbicara tentang stamina, biasanya yang mereka maksudkan adalah kemampuannya untuk melakukan suatu aktivitas tanpa merasa lelah. Ini dapat dianggap sebagai kebalikan dari kelelahan, atau kemampuan untuk merasa energik untuk waktu yang lama.

Memiliki stamina yang baik untuk pemain bola basket profesional di sbobet online pada situs sportsbook yang mungkin berarti mampu melewati seluruh permainan tanpa penurunan performa. Stamina untuk seorang kakek berusia 85 tahun mungkin berarti memiliki energi yang cukup untuk bermain dengan cucu-cucunya.

Tidak seperti daya tahan, stamina itu sendiri bukanlah komponen kebugaran fisik, tetapi hasil dari menjadi lebih bugar.

KONSISTEN

Untuk meningkatkan kapasitas aerobik dan meningkatkan daya tahan Anda, Anda perlu berlatih secara konsisten. Pelatihan yang konsisten akan membangun dasar aerobik Anda, meningkatkan kapasitas aerobik Anda (yaitu berapa banyak oksigen yang dapat digunakan otot Anda) dan memperkuat otot Anda.

Saat Anda mulai menambahkan lari ekstra ke minggu Anda, itu harus mudah dan lambat – kecepatan mengikuti daya tahan! Anda harus menargetkan tiga hingga empat sesi per minggu selama 30 menit atau lebih. Bertujuan untuk menjadikan salah satu sesi ini sebagai jangka panjang Anda di mana Anda berencana untuk melangkah lebih jauh daripada lari Anda yang lain minggu itu.

BERJALAN PANJANG

Untuk berlari lebih jauh, Anda harus berlatih berlari lebih jauh. Anda dapat meningkatkan jangka panjang Anda dengan lima atau sepuluh menit. Atau, Anda dapat menambahkan 0,8 –1,6 km ke jarak jangka panjang Anda saat ini. Ini mungkin tidak terdengar banyak tetapi mulai bertambah.

Saat Anda melakukan latihan dengan volume yang lebih besar untuk setengah maraton atau maraton, lari jarak jauh Anda harus kira-kira 30-50% dari total jarak Anda selama seminggu. Lakukan lari panjang Anda dengan kecepatan lambat dan berkelanjutan (banyak orang mencoba berlari terlalu cepat dan berjuang untuk menyelesaikannya). Pergi perlahan dan hanya fokus untuk menutupi jarak. Ingat, kecepatan mengikuti daya tahan.